Sejarah Singkat

Kebutuhan umat Islam terhadap pendidikan, diharapkan dapat mencetak generasi muda Muslim rabbani yang terbina, terbimbing dengan syari’ah Allah secara baik dan benar yang mampu menampilkan generasi terbaik dalam memberikan keteladanan aqidah dan akhlaqnya serta mampu bersaing dalam kehidupan dunia global. Sementara lembaga-lembaga pendidikan Islam yang diharapkan lebih banyak berperan dalam memenuhi harapan dan kebutuhan tersebut diatas ternyata masih jauh dari cukup. Sadar akan realita ini, maka kami membuka lembaga pendidikan Islam Pondok Pesantren Modern Al-Hassan.

Alhamdulillah mulai bulan Juli 2007 lembaga pendidikan ini mulai dioperasionalkan pada jenjang pendidikan tingkat SLTP (SMPIT Al-Hassan) yang disinergikan dengan kurikulum pendidikan nasional, tentunya tidak lepas dari kurikulum pesantren yang integrtated.

Memperhatikan bahwa program sekolah menengah pertama saja tidak cukup untuk membekali para kader umat dan bangsa ini dalam bersaing dikehidupan dunia global, khususnya pada khazanah keilmuan Islam, berbagai disiplin ilmu umum dan bahasa dengan maksud dapat mengamalkannya ditengah kondisi masyarakat kita saat ini.

Menyadari hal ini Pondok Pesantren Modern Al-Hassan membuka Madrasah Aliyah sebagai kelanjutan program pendidikan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Hassan dan juga sebagai kelanjutan dari Sekolah-sekolah menengah pertama lainnya.

Perlu juga kita syukuri, karena hingga saat ini tahun ajaran 2016/2017 kami memiliki kurang lebih 380 santri yang terdiri dari siswa SMP dan  Aliyah dengan kurang lebih 40 tenaga pendidik yang berkompeten dalam bidangnya dan juga lulusan dari berbagai perguruan tinggi luar dan dalam negeri.

Pada tahun ajaran 2016 – 2017 Insya Allah Al-Hassan sudah mulai membuka pesantren putri untuk tingkat SMP.